Fadjar Gunawan, Sosok Penting di Balik Sukses Panin Dai-ichi Life - Telusur

Fadjar Gunawan, Sosok Penting di Balik Sukses Panin Dai-ichi Life


telusur.co.id -  Presiden Direktur (Presdir) PT Panin Dai-Ichi Life, Fadjar Gunawan, perusahaan Asuransi yang berkantor di Panin Life Center 6th Floor Jalan Letjend S Parman Kav 91, Jakarta Barat, DKI Jakarta, mengatakan,  membangun citra dan reputasi perusahaan agar selalu positif, membutuhkan adanya inovasi serta implementasi komitmen yang berkelanjutan. Jika diibaratkan dengan gunung es, memajukan perusahaan bagaikan sebuah gunung yang terlihat di permukaan laut. Sedangkan bagian yang berada di kedalaman air, adalah bagian yang lebih besar namun tidak terlihat.

Maka dapat diartikan keberhasilan perusahaan merupakan efek dari begitu usaha yang membentuknya. Komitmen adalah hal terpenting untuk mencapai sukses. Butuh komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan. 

Nah, ini menjadi alasan, mengapa tidak semua orang bisa mewujudkan mimpi untuk sukses. Sebab, tidak semua orang memiliki komitmen yang kuat dalam hidupnya.

Fadjar Gunawan memahami betapa pentingnya komitmen untuk mencapai tujuan. Dan, komitmen untuk terus maju dan maju mengikuti perkembangan zaman adalah keharusan.

Fadjar mulai menduduki jabatan penting sebagai presiden direktur di perusahaan asuransi tersebut pada 2013. 

Sosok kelahiran 1957 silam ini berujar, sudah cukup memenuhi asam garam menghadapi pergumulan dalam industri asuransi. Apalagi, perusahaan yang ia pimpin, memiliki perjalanan panjang selama lebih dari 40 tahun melayani masyarakat.

“Mempertahankan integritas dan transparansi manajemen perusahaan dalam klaim pembayaran kasus adalah salah satu kunci sukses perusahaan asuransi jiwa untuk membangun kepercayaan nasabah,” ujarnya.

Lulusan University of San Fransisco, Amerika Serikat pada 1982 ini memberikan contoh tentang pembayaran kasus klaim sepanjang 2022. 

Sepanjang tahun tersebut, Panin Dai-ichi Life membayarkan kasus klaim atas manfaat polis asuransi dengan nilai total mencapai Rp729,7 miliar. Antara lain kasus klaim Kesehatan, Tutup Usia, dan Penyakit Kritis.

Perkembangan dunia digital juga luput dari perhatian. Inovasi untuk klien asuransi berbasis digital juga diwujudkan dalam aplikasi mobile “Connect by Panin Dai-ichi Life”.

Meski kondisi perekonomian dibayangi perlindungan akibat ramalan resesi global tahun 2023 ini, masyarakat Indonesia sudah sadar dengan kebutuhan asuransi. 

Panin Dai-ichi Life memahami hal tersebut dengan menghadirkan Panin Assurance Investlinked. Ini adalah jawaban terhadap kebutuhan nasabah pada asuransi unit link dan pelaksanaan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami memahami kebutuhan nasabah asuransi yang semakin berkembang. Untuk itu, kami menyediakan berbagai solusi dan layanan asuransi agar klien dapat menikmati perencanaan keuangan dengan lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami ketentuan pada polis asuransi. Para calon nasabah asuransi harus memahaminya dengan cermat, kemudian memberikan informasi secara jujur, baik dan benar pada saat mengajukan polis.

“Hal ini bertujuan agar mempermudah proses pada saat pengajuan kasus klaim nantinya,” ujarnya.

Semua komitmen, inovasi dan kerja keras tersebut pada akhirnya membuahkan hasil yang positif. Kiprah perusahaan asuransi berkantor di Panin Life Center Lantai 6 Jalan Letjend S Parman Kav 91, Jakarta Barat, DKI Jakarta, di bawah pimpinan Fadjar dalam menjalankan bisnis asuransi jiwa juga tak lepas dari apresiasi berbagai pihak eksternal.

Perusahaan asuransi ini mendapatkan predikat sebagai Best Insurance 2022 dengan kategori Asuransi Jiwa yang memiliki total aset Rp 5T-10T dari Warta Ekonomi. 

Demikian pula penghargaan sebagai Best Life Insurance 2022 pada Kelompok Ekuitas Rp 4 Triliun ke atas dari Media Asuransi.

Lalu, sebagai wujud komitmen dan konsistensi perusahaan dalam penerapan prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik sesuai aturan OJK, Panin Dai-ichi Life juga memperoleh penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penerapan Pertukaran Data Elektronik (PEDAL).

Fadjar menyebutkan, apresiasi tersebut merupakan bentuk dukungan dan kepercayaan dari para nasabah, tenaga pemasar, mitra bisnis, karyawan, hingga seluruh pemangku kepentingan.

“Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanannya di tahun-tahun mendatang,” ucapnya.

Riwayat pekerjaan Fadjar Gunawan

Sejak awal pendampingan, Fadjar Gunawan sudah bekerja di berbagai perusahaan asuransi dan keuangan Indonesia. Mengawali karir sebagai Wakil Presiden Direktur di PT Panin Life Tbk pada tahun 1983. 

Kemudian, dia dipercaya melamar sebagai Wakil Presiden Komisaris di PT Panin Insurance Tbk. Posisi tersebut ia duduki selama 30 tahun, dari tahun 1983 hingga 2013.

Tahun 1995 hingga 2009, Fadjar Gunawan resmi menjabat sebagai Presiden Direktur PT Panin Life Tbk. 

Selanjutnya, pada tahun 2010 hingga 2013, ia menempati posisi Presiden Direktur PT Panin Financial Tbk, sementara jabatan sebagai Wakil Presiden Komisaris di PT Panin Life.

Tahun 2013, Fadjar Gunawan menjadi Presiden Direktur PT Panin Dai-ichi Life, sebuah perusahaan gabungan asuransi antara PT Panin Life Tbk dan Dai-ichi Life Insurance Company Limited dari Jepang.

– Presiden Direktur PT Panin Financial Tbk (2010-2013)
– Wakil Presiden Komisaris PT Panin Life (2010-2013)
– Komisaris PT Maskapai Reasuransi Indonesia (1989-2003)
– Presiden Direktur PT Panin Life Tbk (1995-2009)
– Wakil Presiden Komisaris PT Panin Insurance Tbk (1983-2013)
– Wakil Presiden Direktur PT Panin Life Tbk (1983-1994). [Fhr]
 


Tinggalkan Komentar