telusur.co.id - Kepala komunikasi gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro angkat bicara terkait meningkatnya angka kasus varian Omicron sub varian BA.4 dan BA.5. Masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, terutama yang mengalami batuk, sakit tenggorokan dan pilek.

"Lakukan pemeriksaan, kenakan masker dengan baik dan benar, terutama di dalam ruangan yang tertutup dengan ventilasi yang tidak baik," ujar Reisa di Kantor Kepresidenan, Jumat (17/6/22).

Reisa juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Bila harus beraktivitas di ruang publik, penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi booster.

"Karena gaya hidup sehat terbukti efektif dalam menekan penularan di tengah masyarakat," ucapnya.

Terkait pemerintah yang membolehkan melepas masker saat beraktivitas di ruang terbuka, kata Reisa, hal tersebut harus dilihat sesuai kondisi seseorang. Bila masuk kelompok rentan atau memiliki gejala batuk pilek, harus tetap memakai masker.

"Masyarakat justru harus tetap memakai masker, khususnya saat beraktivitas di luar ruangan dengan banyak orang, saat berada di ruang tertutup, mengalami gejala batuk dan pilek. Lalu yang termasuk kelompok rentan seperti ibu hamil, lansia atau memiliki penyakit komorbid," paparnya. (Ts)