Kemenkop Bentuk Katalog untuk Ribuan UMKM yang Mejeng di Gelaran MotoGP Mandalika - Telusur

Kemenkop Bentuk Katalog untuk Ribuan UMKM yang Mejeng di Gelaran MotoGP Mandalika

Ilustrasi UMKM. Foto: Media Indonesia

telusur.co.id - Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan katalog digital dengan QR CODE bagi 1.256 UMKM yang akan memenuhi gerai pada perhelatan MotoGP Mandalika, 18-20 Maret 2022 mendatang. 

"Katalog tersebut memiliki QR CODE yang akan mempermudah masyarakat khususnya pengunjung ajang MotoGP atau yang berminat untuk mengunjungi ajang MotoGP, untuk mendapatkan informasi berbagai produk UMKM yang difasilitasi oleh beberapa kementerian/lembaga, dan stakeholder lainnya," kata Deputi Bidang UKM Kemenkop, Hanung Harimba Rachman, dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/3/22). 

Hanung menjelaskan, ada dua kategori katalog yang disiapkan oleh Kemenkop UKM. Pertama, katalog dengan kategori SMEs Prime Product. Kategori ini akan memuat UMKM pilihan dari kategori non kuliner. Tak hanya UMKM binaan Kemenkop UKM yang ada dalam katalog ini tapi juga Kemenparekraf hingga Bank Indonesia.

Kedua, katalog UKM pilihan untuk kategori makanan dan minuman. Ini juga mencakup berbagai UMKM binaan dari kementerian dan lembaga yang nantinya akan menghiasi sekitaran sirkuit bahkan di titik-titik transit transportasi sekitar Mandalika.

Hanung menerangkan, dari 1.256 jumlah UKM yang difasiltasi oleh Kemenkop, Kemenparekraf, BI dan Pemda NTB, rinciannya, 70 UKM non kuliner yang terdiri dari kategori automotive sebanyak 27 UKM, kategori merchandise dan souvenir sebanyak 38 UKM dan kategori healthy product sebanyak 5 UKM, Food and Beverages ada sebanyak 45 UKM. Semuanya difasilitasi oleh Kemenkop.

Dari Kemenparekraf menyiapkan 300 UKM dalam bentuk planogram di Bandara BIZAM serta 10 food truck di Beach Park Mandalika. BI menyiapkan 83 UMKM, serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB bersama Grab menyiapkan 45 UKM kuliner.

Produk Kuliner yang akan hadir juga 85% berasal dari wilayah NTB dan 15% dan wilayah lainnya. Hal ini dilakukan karena KemenKopUKM ingin mengutamakan kuliner lokal dari NTB kepada para pengunjung MotoGP Mandalika. 

Hanung menegaskan bahwa berbagai produk UMKM yang akan hadir di ajang MotoGP Mandalika sudah melalui tahap kurasi dan disesuaikan dengan tema MotoGP. 

Menurutnya, berdasarkan data pengunjung di Sepang, Malaysia, pengunjung MotoGP didominasi oleh laki-laki sebanyak 80% dan kebanyakan dari mereka akan membeli produk di tempat. 

"Jadi produk kuliner kita akan perbanyak dan merchandise juga pasti akan diperbanyak karena paling banyak dibeli," ucap Hanung.[Fhr]


Tinggalkan Komentar