telusur.co.id - Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rapat Paripurna DPR RI penutupan masa sidang yang juga memasuki tahapan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, mengajak seluruh masyarakat untuk mengedepankan asas pemilu Luber Jurdil serta melaksanakan pemilu dengan riang gembira dan cerdas.

“Reses saat ini bersamaan dengan pelaksanaan kampanye pemilu 2024, mari kita wujudkan demokrasi yang mencerdaskan kehidupan bangsa, tetap menjaga persatuan dan kesatuan, mari kita laksanakan pemilu yang riang gembira dan cerdas,” ujarnya dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Tahun 2024 merupakan tahun politik dimana semua partai politik peserta pemilu termasuk anggota DPR RI yang juga merupakan anggota daripada partai politik akan memasuki situasi dan kondisi dinamika politik dalam menghadapi pemilu 2024. Berbagai persiapan dan upaya untuk mendapatkan suara rakyat pun akan dilakukan.

“Dalam mengelola dinamika politik tersebut, kita tidak hanya fokus pada mendapatkan kekuasaan semata, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara tetap dalam persatuan dan kesatuan, menjaga nilai-nilai kemanusiaan, dan semakin memajukan peradaban demokrasi di Indonesia,” tutur Politisi PDI Perjuangan itu.
 
Legislator Dapil Jawa Tengah V itu pun berharap, walaupun berada dalam tahun politik, anggota DPR RI dapat mengelola tugas dan fungsi konstitusional DPR RI agar tetap berjalan dengan baik untuk mewujudkan amanat rakyat, mensejahterakan rakyat, dan menjaga kepentingan bangsa dan negara.

“Menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk mengawal pemilu sesuai amanat konstitusi yaitu bahwa pemilihan umum dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil setiap lima tahun sekali,” tegas Puan. [Tp]