telusur.co.id - Program digitalisasi warung melalui mitra Tokopedia, berhasil meningkatkan penghasilan 1 juta warung di 500 kabupaten/kota Indonesia. Peningkatan penghasilan ini di atas 50 persen. 

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemekop, Eddy Satriya mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, sangat penting bagi usaha tradisional, seperti warung dan toko kelontong, dapat bertransformasi lewat pemanfaatan teknologi. 

"Upaya bersama Tokopedia dalam program pelatihan bisnis daring, pendampingan serta advokasi terkait izin usaha ini diharapkan dapat memudahkan para pegiat UMKM mengembangkan bisnis," kata Eddy Satriya dalam acara Perjanjian Kerja Sama antara Deputi Bidang Usaha Mikro dengan PT. Tokopedia, di KOI Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (3/11/21). 

Diketahui, program Mitra Tokopedia membantu warung tradisional untuk menyuplai kebutuhan bahan baku warung tradisional. Beberapa produk digital paling populer meliputi pembayaran BPJS, air dan listrik. Sementara produk Grosir juga meningkat nilai transaksinya hingga 12 kali lipat. 

Menurut Eddy, program ini juga membantu Kemenkop untuk mempercepat akselerasi tingkat adopsi digital bagi pelaku UMKM. Di mana pemerintah telah menargetkan setidaknya sebanyak 30 juta UMKM bergabung pada platform digital sampai dengan tahun 2024. 

Melalui kerja sama ini, Kemenkop bersama Tokopedia berkomitmen untuk terus mendorong pelaku UMKM terutama para pedagang warung tradisional untuk masuk ke dalam ekosistem digital. 

"Diharapkan pelaku UMKM dapat dibimbing untuk bergabung menjadi Mitra Tokopedia dan dapat meningkatkan pendapatan usahanya," ujar Eddy. 

Selain itu, Eddy juga mendorong pedagang warung tradisional untuk dapat bergabung ke dalam koperasi. Dengan berkoperasi, menurutnya pedagang warung dapat mengakses pembiayaan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM). 

"Warung ini kalau bisa berkoperasi bisa dibantu Tokopedia juga untuk memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dan lainnya. Nantinya mereka bisa akses dana murah dari LPDB. Ini sasaran akhir kita," tuturnya.  

Sebanyak 500 Mitra Tokopedia di seluruh Indonesia, menjangkau wilayah Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Solo, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado dan Pontianak.[Fhr]