Kemenkop Gandeng Shopee Promosikan Produk UMKM di Masa Pandemi - Telusur

Kemenkop Gandeng Shopee Promosikan Produk UMKM di Masa Pandemi


telusur.co.id - Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan marketplace Shopee menggelar sebuah program diberi nama Live Shopping Produk UKM. Ini merupakan program belanja online yang ditekankan pada subsektor Kuliner, Fesyen & Kriya, serta Kesehatan & Kecantikan. 

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, program ini merupakan sebagai wadah atau ajang promosi produk UKM agar dapat bangkit di masa pandemi, tapi juga memiliki perhatian khusus terhadap pembinaan SDM dan askes pasarnya. 

"Upaya untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM dilakukan antara lain melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis & pendampingan,  peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM," kata Teten, Jumat (16/7/21).

Shopee, sebagai sebagai wadah pemasaran dan penjualan produk UKM di nusantara, mendukung penuh program ini dengan ambil bagian di setiap tahapannya. Ketiga sektor yang menjadi penekanan pada Live Shopping Produk UKM ini, mempunyai nama masing-masing seperti Festival Adiwarna ( Fesyen ), Kolaborasa ( Kuliner ), Kirana ( Kesehatan & Kecantikan ). 

Program Live Shopping Produk UKM akan berlangsung pada hari Rabu, 21 Juli 2021 ini merupakan sebuah live virtual event yang dapat disaksikan melalui kanal YouTube Kemenkop dan Shopee Live.

Bagi para pelaku UKM yang ingin berpartisipasi dalam program ini ada tahapan-tahapan yang perlu diikuti selama rangkaian acara sebelum tanggal 21 Juli. Yaitu tahap kurasi, lalu mengikuti bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal. Seluruh tahapan tersebut berlangsung dari tanggal 5 sampai 21 Juli 2021. 

Aneka aktivitas menarik pun sudah dirancang untuk program Live Shopping Produk UKM. Sebut saja Ngobrol dan Ngobral. Ngobrol adalah acara talkshow bersama Kemenkop UKM dan salah satu speakers webinar yang dipandu oleh moderator. 

Sementara Ngobral, adalah program review dan jualan produk UMKM yang diarahkan langsung menuju landing page marketplace bersama Influencer. 

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia, mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen bahu membahu bersama Kemenkop menyelenggarakan program ini yang sudah memasuki tahun ke-2. Harapannya, digitalisasi bisnis dapat terus diterapkan oleh semakin banyak pelaku UMKM di negeri ini.

"Ini merupakan wujud nyata Shopee dalam mendukung perkembangan bisnis digital di Indonesia. Kami optimis, masa pandemi dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan perekonomian dengan UKM sebagai kuncinya,” ujar Handhika.[Fhr]


Tinggalkan Komentar