telusur.co.id - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) memastikan kesiapan penuh 37 bandara untuk melayani perjalanan udara masyarakat pada periode Natal dan Tahun Baru 2025/2026.
Kesiapan ini mencakup infrastruktur, fasilitas dan personel yang telah disiagakan secara optimal guna mengantisipasi peningkatan lalu lintas penerbangan pada _peak season_ akhir tahun ini.
Sebagai wujud nyata kesiapan, InJourney Airports juga mengaktifkan Posko Nataru di 37 bandara mulai hari ini, 15 Desember 2025, hingga 4 Januari 2026.
Direktur Utama InJourney Airports Mohammad R. Pahlevi mengatakan pengoperasian posko selama 21 hari ini bertujuan untuk memastikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di bandara berjalan optimal dan mematuhi regulasi di tengah _peak season_ akhir tahun.
“Pendirian Posko ini menjadi penanda dimulainya kesiapan penuh seluruh bandara dalam melayani perjalanan udara masyarakat pada periode libur akhir tahun. Fokus kami adalah Melayani Sepenuh Hati kepada seluruh pengguna jasa bandara untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman dan berkesan.”
Posko juga berfungsi sebagai wadah kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di bandara.
“Sinergi antara InJourney Airports sebagai operator bandara, Regulator, maskapai penerbangan, operator _ground handling_, serta instansi terkait lainnya diperkuat melalui posko ini guna menjamin kelancaran operasional dan kenyamanan penumpang,” jelas Mohammad R. Pahlevi.
Posko juga menyediakan data lalu lintas penerbangan secara _real-time_ untuk menjadi dasar pengambilan keputusan secara cepat dan tepat guna memastikan operasional bandara berjalan lancar.
“Tren lalu lintas penerbangan dan pergerakan penumpang pesawat dipantau setiap hari melalui posko, dimana data ini menjadi dasar dalam mengoptimalkan fasilitas, personel dan infrastruktur bandara untuk kelancaran operasional bandara. Pada periode Nataru di bandara-bandara InJourney Airports selama 21 hari ini, kami memperkirakan pergerakan penumpang mencapai sekitar 10 juta penumpang. Seluruh bandara siaga operasi 24 jam menyesuaikan kebutuhan maskapai,” ungkap Mohammad R Pahlevi.
Bandara-bandara InJourney Airports juga didukung prosedur Airport Management yang diperkuat infrastruktur IT modern. Bagian dari Airport Management tersebut antara lain Airport Operation Control Center (AOCC) yang merupakan _control room_ untuk mengetahui kondisi operasional secara _real-time_, lalu _Management Operation based on Traffic_ (MOT) yakni sistem yang dapat memprediksi pergerakan atau kepadatan penumpang di terminal serta memberikan rekomendasi optimalisasi fasilitas dan kebutuhan SDM untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik.
Selain itu, seluruh infrastruktur bandara dipastikan siap pada periode Nataru. “Infrastruktur sisi udara yakni runway, taxiway, apron hingga sistem kelistrikan dan fasilitas drainase dipastikan dalam kondisi baik untuk melayani penerbangan,” Mohammad R. Pahlevi.
*Inovasi Customer Service Mobile*
Pada periode Nataru kali ini, InJourney Airports juga meluncurkan inovasi layanan terbaru.
Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir mengatakan inovasi layanan tersebut sebagai upaya menunaikan janji Melayani Sepenuh Hati.
“Pada periode Nataru ini InJourney Airports memperkenalkan inovasi layanan terbaru yakni _customer service mobile_. Staf _customer service mobile_ memakai seragam jas dan berdasi batik. Mereka bergerak secara mobile di terminal dan memberikan solusi secara langsung di _spot_ manapun termasuk pada _passenger service touch_ seperti area _check-in_, _boarding lounge_, _arrival hall_ dan lain sebagainya,” Achmad Syahir.
Lebih lanjut, jelas Achmad Syahir, selama Periode Nataru ini bandara turut menghadirkan suanana Natal dan Tahun Baru untuk menemani perjalanan masyarakat.
“Mayoritas perjalanan pada akhir tahun dilakukan oleh keluarga yang sedang berlibur. Sejalan dengan ini, kami menghadirkan program aktivasi _customer experience_ hingga nuansa Natal dan Tahun Baru yang dapat dirasakan 5 panca indera untuk memberikan seamless journey experience kepada seluruh keluarga yang melakukan perjalanan pada libur panjang akhir tahun ini,” jelas Achmad Syahir.
Melalui beragam fasilitas dan inovasi layanan, InJourney Airports berkomitmen memberikan pelayanan terbaik di 37 bandara. [ham]



