Menteri Teten Ingin Pasar Wastra Nusantara Diperluas  - Telusur

Menteri Teten Ingin Pasar Wastra Nusantara Diperluas 


telusur.co.id - Kementerian Koperasi dan UKM bersama Bank Indonesia (BI) bersinergi meluncurkan Pusat Wastra Nusantara (PWN), secara virtual, pada Jumat (30/7/21). 

Menkop dan UKM Teten Masduki berharap, PWN mampu membantu mempersiapkan UMKM masa depan, future SME yang berbasis kreativitas dan teknologi, termasuk Future Fashion yang salah satu pilar wastra nusantara. 

"Semoga Pusat Wastra Nusantara ini dapat melahirkan banyak ide brilian, inovasi model bisnis terkait wastra nusantara, dan karya keren, yang tentunya relevan dengan generasi muda kita untuk juga mencintai kekayaan budaya asli nusantara," kata Teten.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono, menyampaikan bahwa pengembangan PWN sebagai kanal pemasaran dan media promosi diharapkan dapat memberikan manfaat bagi UMKM. Serta menjadi rujukan bagi pecinta wastra, sarana edukasi bagi masyarakat umum, dan sebagai media untuk memperluas kanal pemasaran produk UMKM. 

Dari sisi pembiayaan, berdasarkan data terakhir Juni 2021 untuk kredit UMKM, telah menunjukan sinyal positif dengan pertumbuhan sebesar 2,35%, lebih tinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya. 

BI juga senantiasa berupaya untuk mendukung sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal bagi UMKM juga masyarakat melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai standar sistem pembayaran QR Code di Indonesia. Hingga minggu ke-3 Juli 2021 terdapat 8,1 juta merchant yang terdaftar menggunakan QRIS dan 86% nya merupakan UMKM. 

Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata menambahkan,  PWN memperkaya khasanah Smesco sebagai center of excellences. Di mana Smesco saat ini memiliki program Sparc Campus untuk mepersiapkan generasi UKM masa depan menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 and beyond – dengan menerapkan standar baru dalam proses penciptaan produk dan karya inovatif khas Indonesia. 

"Diharapkan Pusat Wastra Nusantara akan menjadi episentrum kebangkitan ekonomi bagi pelaku UMKM kain tradisonal dan pelibatan designer milenial yang akrab dengan dunia digital akan menghasilkan sasaran cakupan konsumen yang kita sasar akan lebih global,” ujar Leonard Theosabrata.[Fhr]


Tinggalkan Komentar