telusur.co.id - Kuliner khas kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ternyata tidak hanya terkenal dengan sate Marangginya saja, namun juga ada sop sumsum balung yang kini diburu pecinta kuliner. Uniknya, sumsum di dalam tulang tinggal diseruput penikmatnya menggunakan sedotan.

Sop sumsum balung yang menjadi andalan kuliner, di warung sate Maranggi Maskar ajib yang letaknya di Kaum dekat dengan Masjid Agung Baing Yusuf jalan Mr. Dr. Kusuma Atmaja Kelurahan Cipaisan Purwakarta.

Menurut salah seorang konsumen, Deni Ramdani mengatakan, di warung kuliner khas Purwakarta, tidak hanya menyediakan menu sate Maranggi, tetapi tersedia sop sumsum balung yang juga banyak diburu pelanggannya yang sengaja datang dari berbagai daerah di Jawa Barat, tidak terkecuali pelanggan dari Jakarta. 

"Sop sumsum balung ini memiliki keunikan tersendiri, karena untuk bisa menikmati sumsum yang ada dalam tulang sapi yang sudah dimasak ini, hanya tinggal menyeruput menggunakan sedotan. Untuk harganya saja sangat terjangkau hanya 50 ribu rupiah per porsi," ujarnya. Minggu (28/5/23).

Sementara itu, pemilik warung sate Maranggi Maskar ajib Purwakarta, Nenden Yunita menjelaskan, bahwa bahan utama sop sumsum balung ini dari potongan tulang sapi, karena banyak kandungan sumsumnya di dalam tulang.

"Di warung sate Maranggi ini, untuk hari-hari biasa bisa menghabiskan sop sumsum balung sebanyak 15 porsi, sedangkan di hari liburan Sabtu dan Minggu bisa menghabiskan 50 porsi sop sumsum balung," ujarnya. [Fhr]